Arunika

Arunika mempunyai arti "Matahari Terbit". Terdengar lebih membumi & poetic dibanding kita menerjemahkannya ke bahasa inggris "sunrise" menurut saya. Matahari Terbit  merupakan peristiwa di mana sisi teratas matahari muncul di atas horizon di timur. Revolusi Matahari ke barat mengitari bumi setelah keluar dari horizon disebabkan rotasi Bumi ke timur, sebuah ilusi optik revolusi berlawanan jarum jam ketika dilihat dari atas Kutub Utara.

Matahari sendiri merupakan bintang yang menjadi pusat tata surya.  Jepang merupakan negara dengan simbol lingkaran matahari pada benderanya dan mendapat julukan sebagai "Matahari Terbit" atau The Land of The Rising Sun. sebutan "Matahari Terbit" diberikan oleh Tiongkok karena Jepang berada di sebelah timur negara ini. dan Tiongkok mempunyai bendera dengan simbol bintang di dalamnya.

Apabila penjelasan matahari yang terlihat muncul di horizon saat terbit merupakan ilusi optik dari salah satu sudut pandang (Kutub Utara), lalu apakah metaphor matahari yang disandang Jepang pada negaranya juga dapat terlihat sebagai ilusi? apabila revolusi matahari ke barat merupakan akibat dari rotasi bumi ke timur, lalu negara manakah sang 'Bumi'?

ketika metaphor ini berlaku pada haluan politik,
are you heliocentric or geocentric?

Comments