Hutan & Energi

kenapa sih hutan sebegitu penting buat kehidupan kita?
salah satu fungsi hutan adalah untuk mereduksi polusi udara. polusi udara ga hanya dari emisi kendaraan aja, lho! sebagian besar kegiatan setiap manusia yang menggunakan energi juga akan menghasilkan emisi. salah satu cara mengurangi polusi yang dihasilkan dari proses menghasilkan energi dengan menanam sejumlah pohon yang dapat menyerap emisi karbon tersebut. Semakin rendah emisi buang dari bahan bakar yang kita gunakan untuk menghasilkan energi,-selain menyelamatkan bumi dari pemanasan global- semakin sedikit kewajiban kita untuk menanam pohon guna mereduksi emisinya.

Emisi CO2 dari pelet kayu sekitar sepuluh kali lebih rendah dibandingkan dengan batu bara dan bahan bakar minyak. Selain emisi CO2 yang dikeluarkan dari hasil pembakarannya rendah, pelet kayu juga berasal dari bahan baku terbarukan yang bersifat carbon neutral.

sebagai contoh, perbandingan yang saya gunakan di penelitian Thesis saya tentang wood pellet / pelet kayu:

emisi CNG = 5.400 kg per tahun*
emisi Wood Pellet = 300 kg per tahun*

1 pohon dapat menyerap sekitar 140 kg emisi CO2, sehingga butuh 2 pohon untuk setiap 300 kg emisi CO2 dari pembakaran wood pellet & butuh 28 pohon untuk menyerap 5.400 kg emisi CO2 dari penggunaan CNG.


alangkah eloknya kalau kewajiban menanam pohon bagi pabrik ataupun plant yang menghasilkan emisi dimasukkan dalam regulasi skala nasional. ya ga? selain lingkungan yang bakal lebih adem, bumi dan udara yang kita hirup juga bakal terselamatkan dari polusi :)


*) SOURCE
woodpellet-energy.weebly.com, 2013

-ng

Comments